Selasa, 20 November 2012

TUGAS ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER (PERTEMUAN KE 3)


TUGAS ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER (PERTEMUAN KE 3)


1.INPUT/OUTPUT UNIT .

UNIT/MASUKAN (input device) unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan prosessor untuk diolah guna menghasilkan informasi computer. Input devicees atau unit masukkan yang imumnya digunakan PC adalah keyboard dan mouse,keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user dengan komputer. Selain itu terdapat joystick , yang bisa digunakan untuk bermain games,dll masih banyak lagi. Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan prosssor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang di masukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuuk signal input dan maintenance input.
OUTPUT/KELUARAN  yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam empat macam bentuk sebagai berikut .
-         Tulisan,
-         Image,
-         Suara,
Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable from).
Tiga golongan pertama merupakan output yang digunakan langsung oleh manusia unit keluaran antara lain terdiri atas : monitor , printer , plotter , dan speaker. 

A.SISTEM BUS .

Sistem BUS merupakan jalur penghubung antara alat pada komputer yang digunakan sebagai media dalam proses melewatkan data pada suatu proses. Bus ini bisa dianggap sebagai sebuah pipa , dimana pipa atau saluran tersebut digunakan untuk mengirimkan dan menerima informasi antar alat yang dihubungkanya. Pada sistem komputer ,BUS ini termasuk perangkat internal , kecepatan pengiriman informasi melalui BUS  ini dilakukan dengan kecepatan tinggi .
Alat transformasi data dari terminal satu ke terminal lain di dalam CPU, jalur utama aliran data antara processor ke komonen lainnya (seperti sound card, video card, memory) pada mainboard.

B.STANDAR INPUT/OUTPUT INTERFACE .

Interface atau antarmuka adalah Penghubung antara dua sistem atau alat media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem yang lainnya. Keluaran (output) dari suatu subsistem akan menjadi masukan (input) untuk subsistem lainnya dengan melalui penghubung.

C.PENGAKSESAN PERALATAN INPUT/OUTPUT .

Input / Output tergantung pada perspektif mengubah sinyal-sinyal bahwa pengguna manusia bisa melihat atau membaca. Untuk pengguna proses membaca atau melihat representasi ini adalah menerima masukan. Interaksi antara komputer dan manusia dipelajari dalam bidang yang disebut interaksi manusia-komputer. CPU dan memori utama dianggap sebagai otak dari komputer, dan dari sudut pandang adanya transfer informasi dari atau ke kombinasi itu, misalnya untuk atau dari disk drive, dianggap Input / Output. CPU dan sirkuit pendukungnya menyediakan memori-mapping Input / Output yang digunakan dalam pemrograman komputer tingkat rendah dalam pelaksanaan driver perangkat. Sebuah Input / Output merupakan salah satu algoritma yang dirancang untuk mengeksploitasi lokalitas dan melakukan efisien bila berada pada penyimpanan data sekunder, seperti disk drive.
Input / Output Interface diperlukan setiap kali Input / Output device didorong oleh prosesor. Antarmuka harus memiliki logika yang diperlukan untuk menafsirkan perangkat alamat yang dihasilkan oleh prosesor. Handshaking harus dilaksanakan oleh antarmuka menggunakan perintah yang sesuai seperti (Sibuk, SIAP, WAIT), dan prosesor dapat berkomunikasi denganInput / Output device melalui antarmuka. Khusus Input / Output monad, yang memungkinkan program untuk hanya menguraikan Input / Output, dan tindakan yang dilakukan diluar program. Hal ini penting karena Input / Output fungsi akan memperkenalkan efek samping untuk setiap bahasa pemrograman, tapi sekarang pemrograman fungsional murni praktis. Berikut alamat yang dapat disimpan dalam register. Instruksi akan memiliki register yang memiliki alamat tersebut. Jadi untuk mengambil data, instruksi harus mendaftar didekode sesuai dipilih. Isi register akan diperlakukan sebagai alamat menggunakan alamat lokasi memori yang sesuai dipilih dan data dibaca / ditulis. Port-mapping Input / Output biasanya memerlukan penggunaan instruksi yang secara khusus dirancang untuk melakukan Input / Output operasi.

2.Arsitektur Family Komputer (IBM)

IBM PC adalah sebutan untuk keluarga komputer pribadi buatan IBM. IBM PC diperkenalkan pada 12 Agustus 1981, dan “dipensiunkan” pada tanggal 2 April 1987. Sejak diluncurkan oleh IBM, IBM PC memiliki beberapa keluarga, yakni :
§  IBM 4860 PCjr
§  IBM 5140 Convertible Personal Computer (laptop)
§  IBM 5150 Personal Computer (PC yang asli)
§  IBM 5155 Portable PC (sebenarnya merupakan PC XT yang portabel)
§  IBM 5160 Personal Computer/eXtended Technology
§  IBM 5162 Personal Computer/eXtended Technology Model 286 (sebenarnya merupakan PC AT)
§  IBM 5170 Personal Computer/Advanced Technology

A.Famili IBM PC dan Turunannya

Komputer personal pertamakali muncul setelah diperkenalkan mikroprosesor, yaitu chip tunggal yang terdiri dari set register , ALU dan unit kontrol computer. IBM PC merupakan arsitektur bus tunggal yang disebut PC I/O Channel BUS atau PC BUS. PC BUS melengkapi PC dengan 8 jalur data, 20 jalur alamat, sejumlah jalur kontrol dan ruang alamat fisik PC adalah 1 MB.

B.Konfigurasi Mikrokomputer Dasar

1.Chipset adalah set dari chip yagn mendukung kompatibel yang mengimplementasikan berbagai fungsi tertentu seperti pengontrol interupt, pengontrol bus dan timer.
2.Chip khusus yang di sebut koprosesor yang beroperasi bersama dengan CPU guna meningkatkan fungsionalitasnya.

C.Komponen IBM PC

1. Sistem Kontrol BUS         
Pengontrol BUS , Buffer Data dan Latches Alamat
2. Sistem Kontrol Intrerrupt
Pengontrol Interrupt
3. Sistem Kontrol RAM dan ROM
Chip RAM dan ROM, Decoder Alamat, dan Buffer
4. Sistem Kontrol DMA
Pengontrol DMA
5. Timer
Timer Interval Programmable
6. Sistem Kontrol I/O
Interface Paralel Programmable.

D.Sistem Software

1. Penetapan Alamat Port I/O
2. Penetapan Vector Interrupt
3. ROM BIOS
4. Penetapan Alamat Memori.

E.MANFAAT ARSITEKTURAL ARSITEK KOMPUTER.

1.Kemudahaan penggunaan
2.Daya Tempa
3.Daya Kembang
4.Expandibilitas.

SUMBER :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar